Kompetisi guru mata pelajaran ada 4 kompetensi yang terdiri dari
1.pedagodi ada 7 kompetensi 3.Sosial ada 2 kompetensi
2.Kepribadian ada 3 kompetensi 4.Profesional ada 2 kompetensi
Pedagogi
Adapun pengertian kemampuan awal peserta didik, kemampuan peserta didik adalah Pemahaman, pengalaman, pengetahuan prasyarat, dan segala sesuatu yang dimiliki oleh peserta didik.Pengetahuan awal disusun secara hirarkis dan menjadi fondasi untuk memahami konsep-konsep baru. Semakin kaya dan terstruktur pengetahuan awal seorang siswa, semakin mudah bagi mereka untuk mengaitkan informasi baru dengan yang sudah ada, membuat proses pembelajaran menjadi lebih efektif. Kita juga harus mengetahui pemahaman peserta didik kita, kedua pengetahuan prasyarat peserta didik, dan terakhir pengalaman peserta didik. diagnosis pengetahuan awal merupakan kemampuan awal seorang guru,karena menentukan desain dan proses pembelajaran. Upaya pembelajaran apapun yang di lakukan seorang guru jika tidak pertumpu pada kemampuan awal peserta didik maka subjek yang di ajarkan tidak akan bermakna sama sekali. Maka sebaiknya memberikan dosis pembelajaran yang tepat agar peserta didik juga tidak mudah mengeluh atau capek, dan kita sebagai guru juga harus mengambil langkah langkah yang hanya di perlukan oleh peserta didik, mengukur kemampuan siswa, dan kita memilih pola pola pembelajaran yang kreatif dan yang lebih baik.
Tehnik tehnik mendeteksi kemampuan peserta didik
- Mengkaji catatan akademik sebelumnya, laporan hasil belajar, atau dokumen lain yang relevan dapat memberikan gambaran mengenai kemampuan dan pencapaian peserta didik.
- Tes Prasyarat digunakan untuk mengetahui apakah peserta didik memiliki pengetahuan dasar atau keterampilan yang dibutuhkan sebelum memulai materi baru.
- Mengadakan Konsultasi Individual Mengadakan pertemuan atau diskusi secara individual dengan peserta didik dapat memberikan wawasan yang lebih mendalam tentang kemampuan, minat, dan kebutuhan belajar mereka.
- Menggunakan Angket atau Kuesioner,Dengan menyebarkan angket atau kuesioner kepada peserta didik, guru bisa mengumpulkan informasi terkait kemampuan awal, pengalaman belajar sebelumnya, gaya belajar yang disukai, dan minat terhadap topik tertentu.
Dan masih banyak lagi tehnik tehnik yang bisa kita terapkan.
Adapun jenis jenis kemampuan awal peserta didik :
a. Keterampilan intelektual d. Sikap
b. Strategi kognitif e. Psikomotor
c. Informasi verbal
1. 7 kompetensi pedagogik
1. Behaviouristik
menurut teori Behaviouristik, belajar adalah perubahan tingkah laku sebagai akibat dari adanya interaksi antara stimulus dan respon, dan adapun beberapa tokoh tokoh yang terkenal di antaranya
2. Teori kognitif
Otak manusia adalah salah satu organ yang paling kompleks dan kuat dalam tubuh. Ia memiliki kemampuan yang luar biasa dalam memproses informasi, mengendalikan fungsi tubuh, dan memungkinkan kita berpikir, belajar, dan merasakan. Berikut adalah beberapa kekuatan utama otak manusia.Teori belajar kognitif, teori ini mengatakan bahwa tingkah seorang manusia di tentukan persepsi serta pemahaman tentang situasi yang berhubungan dengan tujuan belajar dan akhirnya para ahli membagi, ada otak kiri dan otak kanankanan. Otak kiri berfungsi untuk menghitung sedangkan otak kanan lebih ke alam bawah sadar, kreatif dan imajinasi.
3.pengembangan kurikulum
Di disini kita sebagai seorang guru harus mengikuti perkembangan kurikulum sesuai pembelajaran
4. Kegiatan pembelajaran yang mendidikmendidi, kita harus mendidik peserta didik, mulai dari hatinya, akhlak nya, dan berkehidupan bermasyarakat, agar berguna bagi bangsa dan negara, jadi kita jangan hanya mengasah otak tapi kita juga harus mendidik akhlaknya.
5. Memahami dan mengembangkan potensi
Jadi tidak ada orang yang bodoh semuanya punya porsi masing masing, sesuai dengan kelebihan mereka masing masing
6. Komunikasi dangan peserta didik
Kita membuat pola komunikasi kepada peserta didik,memudifikasi mode komunikasi kepada peserta didik.
7. Penilaian dan evaluasi
Kita sebagai guru harus memberikan penilaian yang se objektif mungkin tanpa membedakan siswanya,dan kita menggunakan teknologi untuk menilai, contoh Classroom,dan setelah melakukan penilaian kita harus mengevaluasi kembali kepada siswa kita.
2. Kepribadian ada 3 kompetensi
- Bertindak sesuai norma, agama, hukum, sosial, dan kebudayaan nasional Indonesia, kita harus menaati aturannya.
- Menunjukkan kepribadian yang dewasa agar kita bisa jadi contoh bagi peserta didik kita
- Memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi, dan memiliki rasa bangga menjadi guru
3. Sosial ada 2 kompetensi
- Karna kita memiliki siswa yang beragam, jadi kita tetap harus obyektif untuk menyikapi peserta didik.
- Berkomunikasi sesama guru, dengan berkomunikasi sesama guru kita dapat berdiskusi untuk perkembangan peserta didik.
4. Profesional ada 2 kompetensi
- Kita jangan hanya menguasai jurusan kita, seharusnya kita harus lebih kreatif agar peserta didik juga tidak mudah bosan dalam proses pembelajaran.
- memberikan umpan balik kepada peserta didik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar